Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin

LAYANAN PASPOR HARI LIBUR BERBASIS HAM KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN

LAYANAN PASPOR HARI LIBUR BERBASIS HAM KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN

LAYANAN PASPOR HARI LIBUR BERBASIS HAM KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN

Banjarbaru – Pada hari Senin pagi 24 Desember 2018,ada aktivitas yang sedikit berbeda ditengah suasana Cuti Bersama Hari Natal pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Jl.A.Yani Km 22 Landasan Ulin Banjarbaru.

Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin pada Cuti Bersama Hari Natal, Senin 24 Desember Tahun 2018

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin membuka kesempatan bagi masyarakat khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin untuk memperoleh layanan permohonan pembuatan paspor pada hari Libur. Adapun Layanan tersebut khusus dilaksanakan hanya oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin karena beberapa waktu yang lalu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin mendapatkan penghargaan “ Pelayanan Publik Berbasis HAM (Hak Asasi Manusia) dengan predikat BAIK”.

Petugas Verifikator Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin sedang melakukan verifikasi Berkas Persyaratan Pemohon Paspor saat Pelaksanaan “Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM”  saat Cuti Bersama Hari Natal,Senin 24 Desember 2018

Sebagai bentuk wujud apresiasi kepada masyarakat dan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Drs.Syahrifullah, membuat sebuah inovasi untuk memberikan pelayanan pembuatan paspor pada suasana Cuti Bersama Hari Natal yang diberi nama “Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM”.

 

Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM hanya berlaku khusus untuk tanggal 24 Desember 2018 pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 12.00 WITA. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin memberlakukan sistem Walk-in (pemohon datang langsung ke Kantor Imigrasi) dengan membatasi kuota permohonan sebanyak 45 orang.

Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM dibatasi untuk pengajuan permohonan, proses pengambilan foto dan sidik jari (biometrik), serta proses wawancara

Adapun Layanan yang diberikan dibatasi untuk pengajuan permohonan, proses pengambilan foto dan sidik jari (biometrik), serta proses wawancara. Layanan pengambilan paspor maupun pembayaran paspor melalui Payment Point Bank BNI tidak disediakan pada Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM.

Setelah Proses Wawancara,Input Data Pemohon,Pengambilan Foto dan Sidik Jari (Biometrik),Petugas Loket Wawancara memberikan Tanda Terima Pembayaran kepada Pemohon,Paspor selesai 3 hari Kerja setelah Pemohon melakukan Pembayaran ke Bank Persepsi atau Kantor Pos

Antusiasme dan Animo masyarakat terhadap layanan ini pun ternyata sangat tinggi sehingga nomor antrian sudah habis hanya dalam waktu satu jam. Pelaksanaan pelayanan berjalan dengan tertib dan lancar. Harapannya dengan layanan ini masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengurusan paspor pada hari kerja (weekdays) dapat melakukannya pada Layanan Paspor Hari Libur Berbasis HAM sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa terlayani dan terfasilitasi hak nya secara adil untuk memperoleh paspor.

 

Humas Kanim/Qmb